Kapan menggunakan I, me, my dan mine

Pertanyaan tersebut mengacu pada materi tentang Pronoun. khususnya adalah salah satu jenis pronoun/kata ganti yang disebut Personal Pronoun /Kata ganti orang.

Kata ganti orang (personal pronoun) ada 3 macam

Kata ganti orang pertama (menunjuk ke diri sendiri)

singular : I (saya)
plural : We (kami)
  
Kata ganti orang ke dua (menunjuk ke lawan bicara)

singular : You (kamu)
plural : You (kalian)

Kata ganti orang ketiga (menunjuk kepada orang yang dibicarakan)

singular : She (dia perempuan), He (dia laki-laki), it (dia selain orang)
jamak : they (mereka)

Kapan menggunakan I, me, my, mine ?

"I" digunakan saat "saya" berfungsi sebagai SUBJEK kalimat.
contoh : Saya mencintai kamu - I love you.  Disebut subjective pronoun

"Me" digunakan saat "saya" sebagai OBJEK kalimat.
contoh: Pak Deden memanggil saya - Mr. Deden calls me. disebut Objective Pronoun.

"My" digunakan sebagai penunjuk kepemilikan dari "saya", selalu diikuti oleh kata benda dari benda yang dimilikinya.
contoh : my book (bukuku), my father (ayahku), my friend (temanku), dll.
disebut Possessive Adjective

"Mine" digunakan sebagai kepemilikin suatu benda dari "saya", tidak diikuti oleh kata bendanya.
Contoh : kamu milikku (you are mine), rumah itu milikku (that house is mine)- dalam bahasa indonesia "mine" artinya "milikku". disebut Possessive Pronoun. 


Hal ini juga berlaku untuk pronoun yang lain selain "I"

kata ganti : /subjek - object - possessive adj - possessive pro/

Saya :  / I - Me - My - Mine /
Kamu : / You - You - Your - Yours /
Kami : / We - Us - Our - Ours /
Mereka : / They - Them - Their - Theirs /
Dia perempuan : / She - Her - Her - Hers /
Dia laki-laki : / He - Him - His - His /
Dia selain orang : / It - It - Its - Its /

on Jumat, 21 Juli 2017 | , | A comment?
0 responses to “Kapan menggunakan I, me, my dan mine”

Leave a Reply