Perbedaan Present Perfect Tense dan Present Perfect Continuous Tense

Banyak sekali permintaan dari saudara-saudara di kampung inggris untuk membahas perbedaan antara kedua tenses tersebut.
Selamat menikmati sajian dari kami,

Selesai Vs Belum Selesai

Jika suatu kalimat menggunakan tenses Present Perfect Tense, maka pekerjaan tersebut telah dimulai diwaktu lampau dan selesai ketika (bersamaan/hampir bersamaan dengan) si pembicara mengungkapkan.
Sedangkan jika diungkapkan dengan Present Perfect Continuous, maka pekerjaan/kejadian tersebut telah dimulai diwaktu lampau dan masih berlangsung ketika si pembicara mengungkapkannya (sekarang).

Sebagai contoh,

I have eaten
saya telah makan (baru saja selesai makan/pas ngomong pas selesai)

I have been eating
Saya telah mulai dan sekarang masih makan.

/sumber : Modern English by Marcella Frank/

Permanen Vs Sementara/Temporary

Present Perfect Tense digunakan untuk mengungkapkan suatu hal yang permanent, sedangkan Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang temporary / sementara.

Contoh, 

I have lived in Pare since 1992 
(saya - beranggapan - bahwa saya akan tinggal permanen di Pare, bisa jadi saya memang orang pare)

I have been living in Pare since 2016  
( sejak tahun 2016 saya di Pare, tapi hanya sementara, saya akan pindah nanti )

/sumber: Modul IFLOW english Education Center Kampung Inggris Pare/

Berapa lama Vs Berapa banyak

Present Perfect Tense fokus pada penyelesaian pekerjaan, hasil/akibat dari pekerjaan tersebut lebih di tekankan. Sedangkan Present Perfect Continuous Tense fokus pada proses berlangsungnya pekerjaan.

Contoh :

We have written 30 letters  - Present Perfect Tense
We have been writting letters for 30 minutes. - Present Perfect Continuous Tense

/sumber : British Council/

on Sabtu, 22 Juli 2017 | , | A comment?
0 responses to “Perbedaan Present Perfect Tense dan Present Perfect Continuous Tense”

Leave a Reply